Panwaslu Kecamatan Pangkalan Gelar Press Realese Pengawasan Tahapan Pemungutan Dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024

0
banner 468x60

 

KARAWANG,BASKOMNEWS – Pasca Pemungutan Suara, Panwaslu Kecamatan Pangkalan gelar Press Release persiapan pengawasan tahapan Penghitungan Suara, yang diselenggarakan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Pangkalan, Rabu malam (14/02).

banner 336x280

 

 

 

Agenda yang dihadiri Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan serta jajaran Sekretariat Panwaslu Kecamatan Pangkalan tersebut tentunya untuk persiapan pengawasan penghitungan suara tingkat Kecamatan serta mengevaluasi pelaksanaan tahapan pemungutan suara yang telah berlangsung secara serentak sejak pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB.

 

 

 

Ketua Panwaslu Kecamatan Asep Rahmat Gojali A.Md, yang didampingi Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Eka Bambang Nurdiansyah dan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HPPHM) Afifudin, S.H, mengatakan, dalam memastikan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, diperlukan kerjasama yang sinergis serta pengawasan melekat untuk menjamin proses pemungutan dan penghitungan suara di Kecamatan Pangkalan berjalan dengan lancar, aman dan sesuai prosedur.

 

 

 

 

“Sejak jam setengah 7 pagi tadi, kami memastikan jajaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sudah standby di TPS untuk mengawasi jalannya persiapan pemungutan suara. Kemudian, kami di Panwaslu Kecamatan juga membagi tim bersama Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk memonitoring dan memastikan jalannya pemungutan suara di 118 TPS se-Kecamatan Pangkalan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

 

 

 

 

Asep menambahkan, selain pemungutan suara, proses penghitungan suara yang dilakukan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Pemungutan dan Penghitungan Suara tingkat Kecamatan pun menjadi salah satu tahapan penting pada Pemilu 2024 yang perlu pengawasan ekstra karena akan menguras waktu dan tenaga para penyelenggara Pemilu. Untuk itu, diperlukan koordinasi yang baik dengan para stakeholder yang ada di Kecamatan Pangkalan

 

 

“Selain pemungutan, proses penghitungan suara sudah barang pasti akan menguras waktu dan tenaga para Penyelenggara Pemilu, tetapi pihak kami akan terus berupaya melakukan pengawasan yang maksimal bersama unsur Forkopimcam, dengan harapan Pemilu di Kecamatan Pangkalan bisa berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,”Jelasnya.

 

 

 

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan dalam agendanya, akan melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada hari Selasa 20 Februari 2024 mendatang.

 

 

Menurut Asep, pada tahapan tersebut diperlukan strategi pengawasan dan identifikasi potensi kerawanan yang mungkin terjadi.

 

 

Hal tersebut demi memastikan Rapat Pleno berjalan sesuai regulasi perundang undangan serta hasil perolehan suara baik Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Partai Politik dan suara perorangan tiap-tiap calon anggota legislatif tidak ada yang berubah atau bergeser ke calon lainnya.

 

 

 

“Jajaran kami dari mulai PTPS, PKD serta Panwaslu Kecamatan, akan selalu mencatat segala kejadian khusus ke dalam Form A Laporan Hasil Pengawasan (LHP) mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara. Kami juga akan menginventarisir dokumen Model C.Hasil Plano dan Model C.Salinan Hasil masing-masing jenis surat suara dari 118 TPS yang ada di Kecamatan Pangkalan untuk kemudian diinput ke dalam Alat Kerja sebagai data pembanding ketika Rapat Pleno Kecamatan nanti dilaksanakan, hal tersebut penting agar kami bisa memastikan tidak ada perolehan suara baik Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Partai Politik dan suara perorangan dari tiap-tiap calon anggota legislatif yang berubah atau bergeser ke calon lain,” Pungkasnya. (Yfn/Rls)

banner 336x280