Siapkan Layanan Khusus Pengaduan e-KTP
“Saya sering dapat keluhan dari masyarakat, ternyata kan sederhana masyarakat mah, dia mengeluh ke pejabat yang paling mudah dihubungi”
BaskomNews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat layanan pengaduan khusus bagi masyarakat yang kesulitan membuat, pengurusan atau penggantian e-KTP. Masyarakat kini bisa melapor melalui bit.ly/ektp_jabar untuk mengurusnya.
Melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil menjelaskan layanan itu dibuat sebagai respon dari banyaknya keluhan masyarakat terkait proses pembuatan e-KTP. Dia mempersilahkan masyarakat untuk mengisi formulir pengaduan melalui bit.ly/ektp_Jabar.
“Saya sering dapat keluhan dari masyarakat, ternyata kan sederhana masyarakat mah, dia mengeluh ke pejabat yang paling mudah dihubungi. Karena susah ngeluh ke pemerintahnya akhirnya ngeluh di akun gubernur yang sebenarnya tupoksi jauh kan begitu,” ucap Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Rabu (6/2/2019).
Berawal dari itu, dia kemudian mencoba berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasilnya, kata dia di pemerintah pusat tenyata telah tersedia 2 juta keping e-KTP baru .
“Saya kemudian minta ke Pak Direktur (Dirjen Kependudukan) untuk memprioritaskan pemenuhan Jabar. Mudah-mudahan sebelum Maret sudah selesai yang sudah rekam tapi masih berfotokopi (atau belum menerima keping e-KTP),” katanya.(Dtk/red)