Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Dinas Kesehatan Ajak Sekolah Perduli Kesehatan Siswanya

0
banner 468x60

 

KARAWANG,BASKOMNEWS – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang berkolaborasi dengan Madrasah Ibtidaiyah Al -Ianah, Desa Duren Kecamatan Klari menggelar kegiatan Hari Cuci Tangan Sedunia. Rabu (18/10) kemarin.

banner 336x280

 

 

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Karawang dr. Hj. Nurmala Hasanah, MM. mengatakan kegiatan itu didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang efektif dan terjangkau untuk menjaga kesehatan.

 

 

 

“Dengan cuci tangan pakai sabun sampai bersih kita akan terhindar dari penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus atau kuman penyebab penyakit,” Ujar Nurmala. Kamis (19/10).

 

 

 

Nurmala menjelaskan, menurut WHO ada 6 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar, yaitu : 1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. 2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. 3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih. 4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. 5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. 6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

 

 

“Kurang lebih 6 langkah ini kita informasikan kepada anak-anak, supaya mulai dari awal mereka bisa mencuci tangan dengan baik dan benar sehingga tangannya menjadi bersih.” Pungkasnya.

Nurmala berharap dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia itu masyarakat semakin sadar dan semakin paham bahwa cuci tangan itu sangat penting untuk kesehatan kita, sehingga kita bisa terhindar dari beberapa penyakit.

 

 

“Mudah-mudahan masyarakat lebih paham dan sadar bahwa cuci tangan ini sangat penting dilaksanakan setiap hari setiap kegiatan kita, ” Tutupnya. (Dd)

banner 336x280