Panwaslu Kecamatan Pangkalan Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat Pada Pemilu Serentak 2024

0
banner 468x60

 

KARAWANG, BASKOMNEWS – Panwaslu Kecamatan Pangkalan menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat pada Pemilihan Umum serentak tahun 2024 di aula sekolah SMK IPTEK Sanggabuana Loji Karawang. Jum’at (19/1).

banner 336x280

 

 

 

Hadir dalam acara itu Kapolsek Pangkalan, AKP. H. Asep Kosasih, Danramil 0410 Pangkalan, Kapten. Inf. Muhamad Syai’in, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Kecamatan Pangkalan, E. Sulaeman, tokoh masyarakat dan tokoh agama Tokoh pemuda Kecamatan Pangkalan serta kepala sekolah SMK IPTEK Sanggabuana Loji Karawang, Obay Sobari, Spd.MM.

 

 

 

Dan hadir Bawaslu Karawang, Kasubag Pengawasan Bawaslu, Edralin haykcel, S. I. P, dari unsur Panwaslu Kecamatan Pangkalan, Ketua Panwaslu Kecamatan Pangkalan, Asep Rahmat Gojali, A.Md serta anggota lainnya.

 

 

 

Ketua Panwaslu Kecamatan Pangkalan, Asep Rahmat Gojali, A.Md menerangkan jika pesta demokrasi harus bisa berlangsung aman dan penuh dengan sukacita.

 

 

 

Menurutnya, secara regulasi Panwaslu merupakan lembaga yang diamanahkan mengawal tahapan penyelenggaraan Pemilu.

 

 

 

 

“Namun, sebagai warga negara yang baik, peran seluruh elemen masyarakat juga sangat dibutuhkan mengawal tahapan pesta demokrasi, ” Ujar Asep.

 

 

 

Apalagi, tambah Asep Tahapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 yang sudah semakin dekat.

 

 

 

“Seluruh warga negara harus memiliki tanggung jawab mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu. Masyarakat perlu memiliki kesadaran sehingga tidak mudah dieksploitasi oleh kelompok tertentu yang ingin mencederai proses Pemilu,” ucapnya.

 

 

 

Sementara, terpisah Kapolsek Pangkalan, AKP. H. Asep Kosasih mengatakan jika berharap petugas pemilu harus netral.

 

 

 

Ia pun berharap, Panitia Pemilu jangan memperlihatkan keberpihakan. Pihak kepolisian, tegas Kapolsek hanya bertugas menjaga kegiatan pemilu bisa berlangsung aman dan lancar.

 

 

 

“Saya juga mengajak masyarakat jangan golput dan datang ke TPS berikan hak suara masyarakat dengan pilihan nya masing-masing, ” Ujar Kapolsek.

 

 

 

Ditambahkan oleh Danramil 0410 Pangkalan, Kapten.Inf. Muhamad Syai’in pada kesempatan itu menegaskan perihal netralitas harus di junjung tinggi.

 

 

 

Ia pun mengajak peran generasi muda pemula pada pemilu 2024 harus bisa menyaring berita hoax.

 

 

 

“Kepada pemilih pemula, saya harap generasi muda bisa berikan hak suaranya dengan pilihan dan hati nurani masing-masing, ” Tandas Danramil Pangkalan.

 

 

 

Danramil pun tegaskan, TNI dan Polri akan menjunjung netralitas dengan tegak lurus dalam menjalankan tugas pada pengamanan Pemilu 2024 yang akan datang.

 

 

 

“Kita gaungkan pemilu damai, saya mengajak peran serta semua elemen agar bersama menjaga keamanan bersama saat pemilu nanti, ” Ujarnya.

 

 

 

Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Kecamatan Pangkalan, E. Kosasih pada pesannya menegaskan ASN pun di tuntut untuk netralitas.

 

 

 

Ia pun menerangkan jika perangkat desa pun tidak bisa menggiring opini kepada salah satu paslon.

 

 

 

Dan ia pun menjelaskan, ke depan pada tanggal 10 Januari 2024 akan menertibkan APK yang ada di wilayah kecamatan Pangkalan.

 

 

 

Sementara ditambahkan oleh Kasubbag Pengawasan Bawaslu Kabupaten Karawang, Edralin haykcel, S. I. P, Menerangkan jika pemilih pemula harus tahu tugas Bawaslu.

 

 

 

Edralin pun menegaskan bahwa Bawaslu mengawasi beberapa tahapan pemilu. Dan ia pun mengajak peran masyarakat agar bersama mengawal partisipatif masyarakat terhadap pemilu.

 

 

 

“Bawaslu di amanat kan oleh undang-undang agar mengajak terlibat dalam partisipatif pada pemilu, ” Pungkasnya. (Yfn)

 

 

 

banner 336x280