Bupati Karawang Buka Rakor Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

0
banner 468x60

 

KARAWANG,BASKOMNEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

banner 336x280

 

 

 

Rakor tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang pada Jumat (2/2/2024).

 

 

 

Hadir dalam rakor tersebut, Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh, Ketua KPU Kabupaten Karawang Mari Fitriana, Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Engkus Kusnadi, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Dede Hermawan, perwakilan dari Kejari Karawang dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

 

 

 

Rakor dibuka oleh Bupati Aep, ia pun menjelaskan beberapa mekanisme keterlibatan beberapa unsur pemerintahan dalam mengkoordinasikan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam membantu penyelenggaraan pemilu, terlebih pada saat masa tenang Pemilu 2024.

 

 

 

Ia menekankan pada saat masa tenang Pemilu 2024 ini, bukan hanya Bawaslu saja yang memiliki kewajiban dalam menertibkan alat peraga kampanye (APK), tetapi pihak-pihak pemerintahan pun dapat ikut serta untuk membantu.

 

 

Sebab, pada masa tenang sudah bukan masuk periode kampanye.

 

 

 

“Kalau di hari tenang masih ada, maka kita memiliki kewajiban menertibkan karena itu bukan lagi masa kampanye. Kewajiban itu bukan Bawaslu saja melainkan kewajiban kita secara keseluruhan,” ujarnya.

 

 

 

Ia menambahkan, menertibkan APK pada masa tenang Pemilu 2024 demi menjaga momen pemungutan suara kondusif.

 

 

 

Selain itu, Bupati Aep pun meminta kepada masing-masing OPD yang dilibatkan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 ini untuk menyampaikan apa saja yang sudah dipersiapkan.

 

 

 

Mulai dari keamanan, logistik, hingga pengaruh cuaca yang dapat diantisipasi pada saat pelaksanaan pemilu yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

 

 

 

“Semua persiapan dilaporkan sudah siap, artinya sudah sesuai dengan tahapan. Maka dari itu kita optimis penyelenggaraan pesta demokrasi di Kabupaten Karawang bisa terselenggara dengan baik,” ungkapnya usai menutup Rakor Persiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. (Yfn/KMF)

banner 336x280